6 Hal Yang Bisa Sangat Melelahkan Ketika Berolahraga

Kita tentu paham kalau olahraga merupakan salah satu cara mendapatkan fisik dan psikis yang sehat. Namun, saat melakukan aktivitas ini, tak jarang banyak orang merasa amat kelelahan. Penyebabnya pun beragam. Seperti stres, depresi, atau overtraining. Nah, ingin tahu penyebab lainnya? Berikut selengkapnya.

1. Kurang tidur
Tidur sangat berpengaruh pada olahraga kita. Jika tubuh tidak mendapatkan tidur yang cukup, kita akan merasa lamban, lelah, dan lemah saat berolahraga. Tapi, sayangnya banyak orang yang sering mengabaikan salah satu prinsip terpenting dalam olahraga. Yakni, tidur yang cukup.

2. Diet yang tidak tepat
Jika otot-otot kita tidak menerima nutrisi yang tepat, barang pasti ia tak akan memiliki cukup energi saat berolahraga. Otot amat bergantung pada karbohidrat seperti roti, sereal, pasta, beras, buah-buahan, dan sayuran untuk mendapatkan energi. Selain itu, protein juga dibutuhkan untuk membawa nutrisi dan oksigen ke otot-otot kita.

3. Dehidrasi
Dehidrasi bisa menjadi penyebab utama mengapa kita merasa lelah selama latihan fisik. Alasannya sederhana saja. Sekitar dua pertiga tubuh kita terdiri dari air. Nah, kalau kandungan air dalam tubuh tidak terpenuhi, sudah pasti akan membuat kita kelelahan saat berolahraga.

4. Anemia
Anemia dapat membuat tubuh menjadi lemah, sesak napas, dan palpitasi jantung. Hal ini disebabkan sulitnya darah dan oksigen bergerak ke seluruh tubuh kita. Jika kita mengalami gejala-gejala anemia, cobalah untuk memeriksakan kondisi itu ke ahli medis. Mungki sang ahli akan merekomendasikan kita untuk mengonsumsi suplemen atau diet yang kaya zat besi.

5. Mengonsumsi obat-obatan
Obat tertentu dapat menyebabkan tubuh jadi lelah. Contohnya, antibiotik, antidepresan, atau obat tekanan darah. Nah, kita perlu memastikan efek samping dari obat-obatan yang akan kita konsumsi.

Caranya bisa dilahat dari label yang tertera pada bungkus/botol obat tersebut. Bila kelelahan menjadi salah satu efek sampingnya, hal itu bisa menyebabkan kelesuan selama kita berolahraga.

6. Latihan rutin yang berulang-ulang
Terkadang kita memiliki kebiasaan untuk melakukan set yang sama dan berulang-ulang. Nah, hal inilah yang dapat membuat tubuh menjadi lelah. Terus terang, sebenarnya hal ini juga sangat membosankan. Jadi, variasikanlah gerakan pada latihan fisik kita.

0 Response to "6 Hal Yang Bisa Sangat Melelahkan Ketika Berolahraga"

Posting Komentar